Menjalani Hidup Tanpa Penyesalan


Tahukah kamu, bahwa berdasarkan penelitian, penyesalan nomor satu orang yang sekarat adalah “Saya harap saya dapat hidup sesuai keinginan saya, bukan sesuai ekspektasi orang lain”?

Serius deh, hidup dengan penyesalan itu gak enak banget. Jangankan saat sekarat, sekarang aja ada banyak sekali penyesalan dalam hidup gue yang terjadi karena gue terlalu takut mengambil resiko, ataupun karena gue gak jujur sama diri gue sendiri tentang apa yang gue inginkan dalam hidup ini.

Jadi daripada menyesal kemudian, mari belajar untuk lebih jujur kepada diri kita sendiri. Apa sih yang kita inginkan? Apa saja value value kehidupan yang kita junjung? Dan mari hidup dengan memperjuangan apa yang kita value dalam hidup kita.

Tetapi, sebelum sampai disana, kita perlu banyak refleksi dan mengenal diri kita sendiri. Kalau kita tidak tahu apa yang kita inginkan, gimana kita bisa hidup tanpa penyesalan?

Sebagai konklusi… Hari ini, mari kita belajar untuk mengenal diri kita sendiri lebih lagi, terutama value dan keinginan kita dalam hidup ini. Dan mari kita habiskan hidup kita memperjuangkan value dan keinginan kita tersebut.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari ya. Menyesal itu berat, biar Dilan saja.

*catatan : di foto ini adalah salah satu penyesalan gue.. melepaskan swift kesayangan yang gue kasih nama “babyboss”, padahal masih sayang sayangnya.

Leave a Reply