Kursus Barista di Jakarta bagi Pecinta Kopi

*this blogpost is in Bahasa Indonesia

Menikmati kopi sudah menjadi suatu hal yang sangat akrab dengan gaya hidup kita sehari-hari. Kedai kopi di mall-mall terkemuka selalu padat dengan pengunjung. Bagi saya, kopi bagaikan sebuah obat yang selalu siap untuk menenangkan pikiran saya ketika saya sedang penat.

Kecintaan saya terhadap kopi tidak hanya tampak dengan mengkonsumsi kopi setiap hari. Saya pun bereksperimen dengan berbagai macam bahan untuk menghasilkan minuman kopi yang terbaik, dan hal itu saya wujudkan dalam beberapa post di Blog saya, terutama di kategori Food, Coffee, and Beverages.

Seringnya saya bereksperimen ini membuat orang-orang disekitar saya merasa bahwa saya adalah seseorang yang mengerti tentang dunia kopi. Pada awalnya saya merasakan hal yang sama, namun setelah saya berkeliling ke obrolan seputar kopi di internet, saya sadar bahwa saya belum tahu apa-apa tentang dunia kopi.

Hal tersebut mendorong saya untuk belajar lebih banyak mengenai dunia kopi, dunia minuman yang sungguh saya nikmati. Dari artikel-artikel yang saya baca, saya mulai mengenal istilah-istilah baru di dalam dunia kopi, mulai dari Crema, Body, Roasting, dan lain lain. Sebelumnya, yang saya tahu hanyalah menambahkan whipped cream dan caramel syrup ke dalam Freshly Ground Coffee  yang saya seduh dengan French Press, which is mungkin hal tersebut merupakan hal yang tidak umum bagi orang-orang yang tidak menyukai kopi.

Seorang Barista, atau pembuat minuman kopi , tentunya memerlukan pengetahuan lebih mengenai dunia kopi. Seorang Barista yang handal harus mampu mengatur mulai dari takaran, sampai temperatur yang tepat saat penyeduhan kopi, dan hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah.

Mimpi saya untuk membuka coffee shop dan kecintaan saya terhadap kopi mendorong saya untuk mengikuti kursus Barista. Saya pun mulai mencari-cari informasi mengenai kursus Barista di Jakarta, dan informasi itulah yang ingin saya bagikan saat ini.

Ada 2 tempat kursus Barista yang populer di Jakarta, yakni Esperto Barista Course dan Universita Del Caffe.

Esperto Barista Course

STC Senayan Level 1 no 47 – 50
Jalan. Asia Afrika 9, Senayan
Jakarta Pusat 10270 – Indonesia

Pemilik : Franky Angkawijaya
Website : http://www.hcfindonesia.com/course.html
Waktu kursus : Setiap Kamis – Sabtu, 10AM – 3PM
Biaya : Rp. 3.300.000,00
Sertifikat : Ya. Sertifikat diberikan jika berhasil menyelesaikan 70% dari ujian tertulis dan praktek.
Nomor Telepon : (021)5325953, 08174880508

Menurut informasi di websitenya, saat kursus di Esperto Barista Course, kita akan diajarkan mengenai sejarah dan proses pengolahan kopi, pemakaian Espresso Machine dan Grinder, proses menggiling, memadatkan, dan ekstraksi Espresso,  sampai pembuatan minuman kopi susu dasar, yakni Latte dan Cappuccino. Setiap peserta kursus akan melakukan praktek langsung.

Universita Del Caffe


Universita del Caffe dell’Indonesia,
Jl. KH Hasyim Ashari No. 1D, Jakarta.
Tel. 021 6386 4152, 6386 4153.

Pemilik : Michael Gibbons
Informasi : http://www.cikopi.com/2010/06/universita-del-caffe/
Waktu Kursus : 4 Hari (2 hari untuk Espresso Expert dan 2 hari untuk Creative Coffee)
Biaya : Rp 2.000.000,00 (1 Juta untuk Espresso Expert dan 1 Juta untuk Creative Coffee)
Sertifikat : *No Info*

Ada 2 kelas, yakni Espresso Expert dan Creative Coffee.Pada kelas Espresso Expert, peserta kursus akan mempelajari sejarah dari kopi, proses pengolahan kopi, penggunaan grinder dan mesin espresso, sampai membuat espresso dan cappuccino sendiri. Kelas Creative Coffee mengajarkan peserta bagaimana membuat minuman kopi yang lebih bervariasi dan imajinatif.

ps : bagi teman ngopi yang punya informasi mengenai tempat kursus barista di Jakarta, silahkan berbagi disini. Thanks. 🙂

Comments

  1. Merry

    hi,,
    kebetulan gw juga lagi cari-cari tempat kursus barista coffee..
    tapi rata-rata belajarnya cuma beberapa hari yah..
    sedangkan gw masi newbie wktu kursus yg singkat gitu sptinya ga cukup deh…
    btw thx for ur info yap..

  2. Kshinshi

    dapet sertifikat ya ?,.. dan maav mas,saya mau tanya harga mesin espresso sekitar berapaan ya ?,  msh  newbie 

    1. Yohanes Steven

      Iya betul.. Untuk harga mesin espresso, bervariasi banget ya, tergantung brand dan spesifikasi juga. Untuk mesin kopi yang biasa dipakai di coffee shop, harganya sekitar 35juta-an.. Iya gpp kok, saya juga masih newbie.. Ayo sama sama belajar hehe.

  3. Daniel_aprikasa

    Maaf gan saya juga pengen ikut latihan barista tapi di surabaya apa juga ada ya gan…thanks atas info nya gan…

  4. RPL

    Hallo .  I’m Newbie here.. 

    Klo Yohanes Steven sendiri sudah pernah mengikuti kursus ini sebelumnya?Pengen ikut, tapi infonya masih kurang ya.. apa aja sih yang diajarin disitu? apakan bener2 berguna..?
    Thanks

    1. Yohanes Steven

      Menurut saya, kursusnya benar benar berguna.. Karena yang diajarkan disini itu hal-hal krusial seperti ketepatan temperatur, dll.. Tidak sekedar cara operasinya aja. 🙂

  5. Diah Kumalasari70

    hallo..saya malah pengen kasih tau lowongan nie buat jd barista..kali aja ud belajar n dapet ilmu kan sayang klo gak di gunain..tempatnya di cafe miz moren. MOI klp gading, pemilik nya orang korea, di korea sendiri cafe miz moren ini salah satu famous coffee shop..klo ada info buat yg mau jd barista bs hub saya ya..di 45869713, 081280714282 (diah). Thank u.

    1. Margaretha

       Salam kenal mba’, kalau mba’ bisa carikan barista untuk Cafe miz Moren, mungkin mba’ juga bisa perkenalkan kopi olahan saya Toraja Arabica -Toraya-, asli dari Toraja.Kwalitas dijamin deh.Untuk Jakarta produk kami tersedia di Ga’dena SULSEL jln Walter Monginsidi 40 Jak Sel.Trims ya

  6. Enoulbeanlucky

    hi….saya enoul, aku ingin tanya ttg esperto, kalo seandainya tidak lulus dalam ujian pa saya harus mengulang lagi dari awal, dan harus bayar seperti layaknya siswa baru lagi?
    makasi….

  7. Veliztafoodbeverages

    salam kenal ya…kalau aku jual bahan baku utk bikin ice cappucino, avocado powder, vanila smoothie powder, MONIN syrup, Davinci syrup yg suka dipake para Barista hehe… ya pokoknya perlengkapan & bahan baku utk cafe & resto, yg berminat bisa hubungi sy di 021-94533518/0813-11244508 (vanny elizta) or kunjungi showroom sy di : WTC SERPONG LT.3 BLOK TA 9 NO. 10-11…see u all , have a nice day & succes 

      1. Margaretha

         Hi, usaha kami adalah produsen kopi olahan/memproduksi roasted bean, ground coffee dari kopi Arabica dan Robusta yg berasal dari Toraja; single origin Toraja,biji kopi grade I plus.Kopi kami mereknya TORAYA; kalau ingin buka cafe, anda bisa mempertimbangkan hasil produksi kami.Di Jakarta kopi kami bisa didapatkan di Ga’dena Sulawesi Selatan, Jln Walter monginsidi 40.Selamat dan semoga sukses.
        Reply

  8. Dede_lelo

    hallo saya made dari bali.
    saya mo belajar barista di bali ga ada tempat buat belajar barista??
    tolong info nya ya thanx`s
    amail ~dede_lelo@yahoo.com

  9. V1epoenya

    saya berminat untuk kursus tapi lebih bagus tempat kursus yang mana ya buat pemula seperti saya ??  tolong infonya… makasi

  10. Diana Anggraini1801

    Terimakasih banget ya blog ini sangat membantu, saya baru saja akan mau buka kedai kopi. dan berniat ikut kursus barista dulu. Thanks banget yah ….
    coba nanti saya telp ke universita del caffe itu ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *