Affogato, si es krim yang tenggelam.

Dulu, saya pernah menulis tentang Affogato. Pada blogpost itu, saya membuat Affogato dengan kopi yang dibuat dengan French Press. Hari ini, saya mencoba bereksperimen lagi dengan Affogato, tetapi dengan menggunakan mesin espresso.

Mungkin di review sedikit tentang Affogato, ya. Affogato merupakan bahasa Italia, yang artinya “tenggelam”. Sesuai dengan konsep tersebut, Affogato adalah jenis minuman asal Italia, dimana kopi dituang ke dalam gelas berisi es krim, sehingga es krim tersebut tenggelam di dalam kopi. Minuman ini biasa dihidangkan dengan es krim dan kopi di gelas terpisah, sehingga customerlah yang akan menuangnya.

Di Starbucks, ada istilah “Affogato Style” untuk minuman Frappuccino, dimana di atas Frappucino (ice blended coffee), ditambahkan shot espresso.

Oke, kembali ke eksperimen saya. Saya menggunakan Es Krim “Dreamy Creamy” dari Walls, dan kopi “Eighty Twenty” dari Liberica Coffee.

Untuk membuatnya, saya menyiapkan 1 scoop es krim di gelas, kemudian menyiapkan espresso. Karena espresso tidaklah banyak, maka saya menambahkan sedikit air panas ke espresso tersebut. Saya menuang espresso yang telah ditambah air panas tersebut ke atas es krim, dan menambahkan sedikit taburan garnish di atasnya.

Affogato by ysteven

Cukup puas dengan hasil eksperimen tersebut, terutama karena es krim Dreamy Creamy dari Walls yang sangat cocok untuk dipadukan dengan “Eighty Twenty” yang memiliki cita rasa robusta yang dominan. Tetapi menambahkan air ke dalam espresso bukan keputusan yang tepat, karena kopinya menjadi terlalu encer untuk dipadukan dengan es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *